Jumat, 29 Maret 2013

TIPS MENGUASAI BAHASA ARAB DARI MAHA GURU



Berbicara soal tips tentunya telah banyak orang yang telah membahasnya. Namun alangkah baiknya bila kita perlu mengkaji dan mengupasnya kembali tentunya dalam kesempatan yang tak lagi sama. Meski sudah ngelotok dan hapal betul trik-trik yang dibaca lebih mendalam tapi kita tak boleh menyepelakannya begitu saja kawan. Tak ada ilmu yang tak membawa manfaat meski telah berulang kali kita dengar.
Alangkah bagusnya untuk kita jikalau mau dan bersedia dengan ikhlas mendengar, menyimak ilmu itu dengan seksama seakan kita belum pernah mendengarnya, sudah barang tentu pasti dengan rasa antusias yang tinggi bukan? Seperti Asy Syekh Az Zarnuji yang mengajarkan kita bagaimana tata krama murid kepada guru begitu pula dengan ilmu lewat kitab Ta’lim al-Muta’alim yang telah lama dikarangnya namun masih tetap exist sampai sekarang. Dalam kitabnya Beliau mengingatkan kita untuk tetap menghargai ilmu yang tengah disampaikan dan tetap memberi porsi perhatian seperti pertama kali kita mendengarnya. Begitu mulianya ilmu di dunia ini. Tak terkecuali bahasa arab. Berikut tips menguasai bahasa arab yang saya peroleh dari seorang native di Pusat Budaya dan Bahasa IAIN Walisongo ketika saya mengikuti bimibingan di tempat tersebut.

1.     Cinta Bahasa Arab
Ibarat seseorang yang lagi fall in love maka ia akan selalu mengingat pujaan hatinya. Dan selalu berusaha untuk mengerti dia dengan baik, serta menjadi yang terbaik untuknya. Nah, sama halnya dengan bahasa arab kawan. Jika kita sudah jatuh cintrong sama bahasa arab, maka disetiap detik hidup kita, pasti dia akan selalu menyertai kita dan kita akan selalu berusaha untuk mengerti dia lebih dalam dan lebih dalam lagi.
2.     Ngerti semua huruf arab
Bila kita hendak belajar bahasa apapun itu, kita wajib ‘ain hukumnya untuk ngerti huruf-hurufnya. Huruf-huruf tersebut menjadi penting karena kita tak akan pernah lepas dari yang namanya tulisan. Untuk memperluas ilmu tentunya tidak cukup hanya mengandalkan kuping saja, akan tetapi juga yang lainnya. Oleh sebab itu penting sekali bagi kita untuk ngerti apa saja huruf-huruf arab itu? Ada berapa jumlahnya? Dan sebagainya.
3.     Ngerti harokat-harokat arab
Bahasa arab memang bahasa yang paling lengkap, ada huruf dan juga harokat. Oleh karena itu, harokat pun memiliki posisi yang penting untuk dimengerti mengingat kita bukanlah empunya bahasa tersebut.
4.     Membaca secara intensif
Setelah poin 1 sampe 3 terpenuhi, kita beranjak ke poin nomor 4. Tentunya jika sudah mafhum dengan huruf dan harokatnya, langkah selanjutnya tiada lain dan tiada bukan adalah berlatih membaca secara intensif dan memulainya dengan teks-teks yang sederhana dulu.
5.     Membiasakan membaca tulisan arab meski dari al-Quran
Nah, selain teks-teks arab buatan manusia, kita juga bisa belajar bahasa arab dari al-quran. Membacanya dengan seksama sambil ditelisik susunan kalimatnya dan jangan lupa pula untuk mengintip artinya kawan, supaya bisa nyantol sedikit.
6.     Membiasakan ngobrol berbahasa arab
Untuk bisa berkomunikasi sama orang pastinya kita harus ngomong dan mengeluarkan bahasa kita. So, penting bagi kita yang non arab untuk berlatih ngomong bahasa arab misalnya dengan teman sejawat kita ataupun dengan guru-guru kita. Karena dengan itu, lidah dan otak kita akan terlatih untuk bekerja lebih cepat dalam mengalihkan bahasa.
7.     Membiasakan untuk mendengarkan audio berbahasa arab
Kawan, perlu dicatat baik-baik. Di sini kita dituntut untuk mendengarkan bukan hanya sekedar mendengar saja. Perlu adanya perhatian kita pada audio tersebut agar kita dapat sedikit banyak menyerap apa yang diperdengarkannya kepada kita.
8.     Paham grammar arab
Tiada satu bahasapun yang tidak memiliki grammar. Oleh karenanya, itu menjadi hal mutlak bagi kita untuk memahami dan menguasainya agar rangkaian kata yang kita susun menjadi sebuah kalimat yang bermakna dan bisa dipahami oleh lawan bicara kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar